Thursday, March 7, 2013

Bahasa Indonesia


Keindahan Berbahasa

Cinta... ada apa denganmu
Cinta... kuingin tau sesuatu
Cinta... ceritakan padaku
tentang keluh kesahmu

Kulihat kau sedikit berbeda
dari yang dulu pernah aku rasa
Ungkapkan saja..
Jangan hanya diam tak berkata

Tidakkah kau mengerti
Aku di sini
Selalu mencoba memahami
Berharap kau sadari arti hadirku di sini


Itu tadi sedikit bait puisi yang bisa saya tuliskan. Mungkin Anda beranggapan bahwa puisi di atas melukiskan perasaan yang sedang galau atau bagaimana terserah Anda menafsirkannya, tetapi yang jelas penulis mempunyai penafsiran yang berbeda dengan Anda.

Anda mungkin sekedar tahu, tetapi Anda tidak mengerti yang sesungguhnya.
Antara mengerti dan tahu itu berbeda loh ya. “Orang yang tahu belum tentu mengerti. Orang yang mengerti sudah pasti tahu”. Maaf, penulis tidak bermaksud menggurui, sekedar berbagi. Sebab, puisi itu kan merupakan ungkapan perasaan atau pikiran penyairnya dalam satu bentuk ciptaan yang utuh dan menyatu.
Jadi, Anda boleh berpendapat, tetapi penulislah yang mengetahui makna sebenarnya.
Bicara soal puisi, pasti ada kata-kata indah dalam setiap baitnya, bukan?
Ya, tentu ada, tergantung pemilihan kata-kata yang digunakan penyair dalam mengekspresikannya hingga muncul kata-kata yang indah.
Inilah keindahan berbahasa kawan, namun tidak hanya dalam puisi saja bahasa dapat dikatakan indah.
Apakah Anda pernah memikirkan bagaimana bahasa itu bisa menjadi indah?
Jawabnya adalah jika kita berbicara kepada orang, pilihlah bahasa yang sesuai dengan latar belakang orang tersebut. Bicaralah secara efektif atau tidak berbelit-belit, gunakan bahasa yang dimengerti oleh Anda dan lawan bicara Anda, dan atur intonasi suara Anda secara tepat.

Coba lihatlah para motivator yang hebat dalam memberikan motivasi-motivasi kepada kliennya, lalu para politikus yang pintar dalam debat-debat politiknya, juga para pujangga yang mampu membuat para pembacanya terbuai dengan kata-katanya.

Mereka adalah orang-orang yang mampu membuat bahasa menjadi indah, sehingga mereka menjadi hebat dalam bidangnya masing-masing. Apakah kita juga bisa? Tentu saja bisa. Berusahalah, sebab apa yang kita usahakan dengan baik, hasilnya pun akan baik juga.

No comments:

Post a Comment