Friday, March 8, 2013

Tentang Blog


Apa itu Blog?
Menurut saya blog adalah media bagi banyak orang untuk saling memberikan informasi menggunakan web blog melalui tulisan-tulisan seseorang yang kemudian diposting untuk dibagikan kepada khalayak.
Orang yang memiliki blog dapat berdiskusi dengan orang yang memiliki blog juga, dan yang tidak memiliki blogpun tetap dapat berdiskusi lewat komentarnya terhadap blog yang dibacanya, maka dari itu terjadilah proses saling bertukar informasi.
Nah, sebelum mengenal lebih jauh tentang blog, seebaiknya kita cari tahu dulu yuk apa kelebihan dan kelemahannya. Berikut ini penjelasannya…..

Kelebihan :

1. Terintegrasi dengan Google Account. Jika anda memiliki account di gmail atau Google reader, otomatis anda sudah memiliki account blogger.com
2. Proses Sign Up yang mudah.
3. Bisa memasang script AdSense.
4. Panel Kontrol yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
5. Tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia.
6. File CSSnya dapat diedit.
7. Navigasi admin sederhana, dan mudah dimengerti : posting, Pengaturan, Tata Letak
8. Ada widget untuk polling
9. Bisa memiliki banyak blog dalam satu account

Kekurangan :

1. Tampilan dashboard terlalu sederhana. kurang fancy
2. Pilihan template bawaan terlalu sedikit, sehingga banyak blog dengan tampilan sejenis.
3. Jika pengunjung hendak memberikan komentar, pengunjung perlu membuka halaman baru. Ini cukup menjengkelkan.
4. Tidak bisa melihat statistik pengunjung. jumlah pengunjung, search term yang mereka pakai, dari mana mereka berasal, dan berbagai statistik lain. ( kecuali anda memasang script tracker Google Analytics di widget anda. )


Setelah kita mencari tahu apa kelemahan dan kelebihan pada blog, kita jadi dapat mengevaluasinya dulu sebelum memulai menggunakannya.

So, Gimana? Tertarik untuk memulai blogging? atau Masih bingung akan memanfaatkan media ini atau tidak? Jawabnya terserah anda saja. Yang penting saran dari saya, sebelum menggunakan sesuatu atau memulai sesuatu kenalilah terlebih dahulu sesuatu tersebut sebelum anda memulai atau menggunakannya. Seperti kata pepatah lama yakni “Tak kenal, maka tak sayang” hehehe….

No comments:

Post a Comment